Sekedar Berbagi Rasa

Ada rasa janggung saat kembali menulis setelah sekian lama tidak menulis. Mungkin blog ini bisa dijadikan tempat lain dari sekian tempat yang bisa digunakan sebagai tempat “melarikan diri”, curhat colongan dan juga hal-hal lainnya.

Sepertinya baru kemarin saya membuat blog dan sekarang sudah hampir satu dekade keberadaanya. Walaupun tidak banyak yang bisa didapat di sini selain beberapa goresan pena kurang jelas dari satu dari milyaran organisme yang ada di jagat semesta ini.

Banyak hal yang terjadi, ada perubahan, ada yang melenceng, ada yang lurus, waktu benar-benar menggilas siapa saja tanpa ampun.

Konon katanya, anak muda bicara tentang masa depan dan mimpi-mimpi, sedangkan orang tua lebih sering bicara tentang masa lalu dan tak jarang terselip penyesalan di dalamnya. Lalu dengan nada sok bijak memberikan petuah dan nasehat untuk memanfaatkan waktu sebaik mungkin sebelum segalanya menjadi penyesalan di hari tua.

Apa hendak dikata, begitulah hukum alam, ada yang datang ada yang pergi. Ada gairah dan semangat, ada pula rasa putus asa dan penyesalan.

Mimpi mimpi dulu yang besar terkikis sedikit demiki sedikit, lalu mengerucut menjadi mimpi sederhana, banyak pula yang sudah kadung takut untuk bermimpi dan menyerah dengan keadaan.

Walau bagaimana pun, hidup akan terus berjalan, suka atau tidak. Orientasi orang berubah, idealisme yang dulu kuat, dilumat waktu dan kadang yang tinggal adalah idealisme kosong dan sedikit pragmatis.

Jalani saja kehidupan yang ada di depan mata. Berikan saja yang terbaik. Toh semua orang juga nanti akan menemukan titik penyesalannya masing-masing.

Dengan sok bijak saya katakan di sini, the show must go on!!!

Leave a comment