Menjadi Bermanfaat

Dulu sekali sewaktu masih kecil dan belajar mengaji di pondokan, kami semua diajari tentang menjadi sebaik-baik manusia. Tentang bagaimana menjadi sebaik-baik manusia dalam kehidupan ini. Konon katanya dulu, sebaik-baik manusia adalah yang paling banyak manfaatnya bagi manusia yang lain.

Hidup kita ini akan berarti dan bermanfaat apabila menjadi sarana untuk membantu orang lain, menjadi bermanfaat bagi orang lain. Itu dulu sekali sewaktu masih kecil-kecil belajar dan mengaji.

Seiring bertambahnya usia, bertambah pula hal yang dilewati, bertambah pula rutinitas yang dianggap perlu, hal yang memang harus dilakukan untuk bisa bertahan hidup dan untuk tetap terjaga marwah dan harga diri tentang perihal kerja untuk diri sendiri.

Bekerja dulu berbeda dengan bekerja sekarang. Dulu sekali kerja adalah permainan yang dinikmati setiap detiknya, petuah Tengku tentang menjadi baik dan bermanfaat bagi orang lain adalah satu target yang harus dilakukan dengan kesenangan. Sekarang, kerja adalah perihal memenuhi kebutuhan pokok, apakah itu pangan, sandang dan papan, atau juga kebutuhan akan penilaian dari orang lain kalau kita ini hebat. Iya betul, penilaian.

Imbasnya adalah bekerja untuk diri sendiri, menjadi egois dan mementingkan diri sendiri akhirnya. Hidup tidak lebih dari sekedar bekerja menghasilkan uang, menikah berpasangan lalu beranak dan berketurunan. Tidak ada yang salah sebenarnya dengan bekerja, menikah dan mempunyai keturunan, tapi menjadi salah kalau itu semua hanya sebatas untuk diri sendiri. Hidup yang hanya mementingkan diri sendiri adalah hidup yang tak layak dirayakan.

Kembali mengingat petuah zaman kecil dulu tentang sebaik-sebaik hidup. Hidup yang baik itu adalah kalau kita menjadi bagian dari solusi serta bermanfaat bagi orang lain, bukannya menjadi masalah dan beban bagi orang lain. Hidup yang seperti inilah yang harus dirayakan dengan megah. Berbagi, menjadi bermanfaat, tidak mengukur semuanya dari materi.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s