Tentang Kritikan

Kritikan yang paling jujur dan paling tepat sasaran adalah kritikan yang diberikan oleh yang paling dekat dengan kita, paling sayang dengan kita, paling tahu kita ini siapa, paling tahu keseharian kita.

Memberi kritik juga punya cara dan etika, para alim ulama dahulu, kalau memberi kritik dan saran itu tidak di tempat ramai atau tempat umum, karena kritikan atau saran itu akan berubah menjadi hinaan. Ini demi menjaga harga diri orang yang dikritik agar tidak malu.

Berdasarkan dari tujuan dan maksud mengkritik, kritikan itu juga ada dua, pertama mengkritik dengan maksud mencari kesalahan dan menghancurkan reputasi orang yang dikritik. Kritikan seperti ini perlu untuk diteliti kebenarannya, kalau memang benar, perbaiki, kalau ternyata tidak benar, itu fitnah, abaikan saja. Menanggapi pengkritik seperti ini hanya akan buang-buang waktu dan energi saja, kedua adalah mengkritik dengan alasan mencari kabaikan dan perbaikan. Biasanya mereka akan mencari waktu dan tempat yang tepat untuk membari kritik dan masukan yang membangun ini. Menanggapi kritikan seperti ini, kita perlu serius, karena niat dan tujuan mereka baik adanya, demi kemajuan dan perbaikan semua pihak ke depan. Kita perlu menaruh perhatian penuh pada kiritikan dan saran yang seperti ini.

Begitulah. Kadang kritik itu perlu, tapi kadang terlalu sering memberi kritik hanya akan memberitahu dunia tentang bagaimana kualitas diri kita sebenarnya, kenapa tidak coba, orang lain sibuk kerja dan mengevaluasi, sedangkan pengkritik cuma duduk, bicara panjang lebar tentang kesalahan orang lain dan mengkritik tiada henti. Jadi saya pikir semua kita punya hak untuk memilih berada di pihak mana, pihak yang bekerja atau pihak yang mengkritisi saja.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s