Time Capsule

Pikiran sekilas tiba-tiba datang tentang konsep time capsule, kapsul ajaib untuk memenjara waktu, menulis beberapa keinginan, hasrat, pikiran, pengalaman pada saat sekarang, momen kekinian, ditulis dalam bentuknya yang paling bersemangat, apa adanya, kemudian dibuka kembali pada saat yang sudah ditentukan dalam rentang waktu yang lama (juga masih dalam masa yang ditentukan).

Menulis di blog, barangkali termasuk satu dari sekian cara untuk memenjarakan waktu, membuat time capsule sendiri, walaupun bisa dibaca kapan saja, bisa di-edit, dihapus kapan saja, namun akan lain ceritanya kalau cerita yang kini sedang kita bangun untuk ceritakan, kita ceritakan sedikit demi sedikit hingga membentuk satu tulisan yang ala kadarnya saja itu dibaca kembali setelah 10 tahun misalnya, atau lebih lama lagi, pasti ada satu perasaan di sana, entah itu perasaan aneh, lucu, atau barangkali bangga.

Seorang saudara blogger pernah menulis begini;

Menulis itu menumpahkan kegelisahan, kadang keresahan, kadang menceritakan hal-hal yang kita alami, menulis itu…. mendeskripsikan khayalan-khayalan absurd, menulis itu… merekonstruksi dunia yang ada dalam benak dan salah satunya, dari tulisanlah kita bisa menemukan hal yang dinamakan Kenangan. Secara umum barangkali, hanya menulis yang bisa mengikat waktu dengan hebatnya, hanya menulis orang bisa menembus ruang dan waktu, hanya dengan menulis seseorang bisa tidak terikat oleh dimensi ruang dan waktu.

Ah jika saja gairah menulis ini bisa dijaga konsistensinya, satu hari satu tulisan saja, entah itu cuma beberapa baris, atau sekedar satu halaman saja, pasti waktu akan terikat dengan sendirinya. Menulis memang paling bisa mengikat waktu.

Advertisements

One comment

  1. Akhir-akhir ini semangat untuk menulis sama sekali tidak tersisa, Bro. Benar adanya satu ungkapan yang bilang gini;

    “My ambition is handicapped by laziness.”

    Padahal ada banyak hal yang dilihat dan menarik untuk ditulis, tapi ya begitulah adanya.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s