Tentang Bergabung di Komunitas

Baru baru ini seorang kawan mengajak untuk bergabung dengan komunitas sepeda, sebuah komunitas pengguna sepeda yang digunakan untuk bersepada bersama pada saat ada event-event bersepeda atau hanya sekedar kawan bersepeda pada saat tertentu sehingga bersepeda bisa lebih ramai dan mengasyikkan.

Saya tidak langsung menjawab, karena menurut saya, bersepeda sebenarnya bisa saja dilakukan sendiri tapi tetap lebih asyik dan menyenangkan kalau bersama-sama.

Masalahnya adalah kenapa harus bergabung di komunitas? Kadang saya suka melihat siapa saja yang bergabung di komunitas, selain melihat siapa yang bergabung, apa tujuan mereka sebenarnya bergabung dengan komunitas, komunitas di sini bisa komunitas apa saja. Saya melihat bahwa inti dari berkomunitas sebenarnya adalah relasi, ya relasi, bagaimana komunitas bisa menjadi tempat untuk menambah relasi, mengembangkan dan memperbanyak kenalan, yang ujung-ujungnya adalah keuntungan.

Tapi dalam komunitas, tidak semua orang bertujuan untuk membangun relasi, ada yang hanya sekedar mencari kesenangan karena ramai, ada yang memang suka eksis, ada yang hanya suka ketika ada event lalu dapat pergi ramai-ramai untuk ikut event, tapi tetap saja ada yang tujuannya adalah mencari keuntungan lewat relasi dan kenalan.

Sebelumnya saya juga pernah bergabung dalam komunitas Informasi Teknologi, saya melihat bahwa tujuan bergabung di sana di samping menambah ilmu juga sebenarnya menambah relasi agar supaya dikenal, tidak jauh berbeda, tapi jangan salah paham, bergabung di komunitas itu banyak manfaat positif walaupun ada sisi negatifnya juga.

Untuk saat ini saya sendiri lebih suka untuk bersolo karir dulu, bersepeda sendiri dulu, minimal bike to work-lah. Bukan berarti saya tidak suka komunitas, barangkali belum saatnya.

3 comments

Leave a Reply

