Senyuman

Anak kecil mempunyai senyuman yang paling tulus. Senyuman mereka tanpa kebohongan, tanpa kepalsuan, tanpa berharap apa-apa. Senyuman mereka datang dari lubuk hati yang paling dalam, ikhlas dalam bentuknya yang sebenarnya, bukan buatan.

Ini yang barangkali disebut kejernihan isi hati, jauh dari prasangka dan kebencian, hati yang bersih terpancar dari mata dan senyuman, mereka sangat jernih dan fleksibel.

Ada satu ungkapan menarik dari Hirotada Ototake, β€œAnak-anak sangat fleksibel. Orang dewasalah yang menarik garis batas antara yang memiliki kekuragan dan orang yang tidak memiliki kekurangan. Dalam dunia anak-anak, segala hal mungkin terjadi.”

walupun ungkapan di atas dalam konteks pandangan anak-anak terhadap penyandang disabilitas, namun secara keseluruhan, anak-anak memang fleksibel dan sangat apa adanya. Tak ada kebohongan dan kemunafikan pada sikap mereka.

Indah betul senyuman yang hadir secara ikhlas, mari kita tersenyum dengan ikhlas.. πŸ™‚

Advertisements

3 comments

  1. se.nyum
    [n] gerak tawa ekspresif yg tidak bersuara untuk menunjukkan rasa senang, gembira, suka, dsb dengan mengembangkan bibir sedikit.

    Berbicara mengenai senyum, di Indonesia sendiri, banyak sekali jenis senyuman yang bisa kita temukan dengan berbagai penafsirannya, di sekeliling kita atau paling tidak di berbagai media dalam keseharian, ada beragam jenis berita yang menampilkan banyak sosok yang lagi tersenyum, meski sedang terlibat berbagai kasus bahkan yang terlibat kasus yang memalukan pun mereka juga tersenyum

    anw, selamat ngeblog kembali, Brader. πŸ™‚

    1. Salam, brader :d

      Saya dapat ilmu baru tentang definis senyum, terima kasih πŸ™‚

      Tentang senyum di Indonesia, kalau saya melihat lebih kepada siapa yang sedang tersenyum, kalau yang tersenyum itu wong cilik seperti kita-kita ini, biasanya senyuman itu tulus adanya, berangkat dari hati dianya, tapi kalau melihat senyum mereka-mereka yang sedang terlibat kasus tapi masih bisa tersenyum senyum di media, dengan lagak dan penampilan alim pula, nah itu pertanda lain, kita semua sudah bisa menebak senyuman seperti apa itu, jenis senyuman seperti itu biasanya tidak tulus selain topeng belaka, kalau boleh dibilang, itu senyuman kemunafikan, tapi ya itu, siapa yang tahu hehehe :d

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s