Menjadi Ahli Dadakan

Belakangan saya sering berpikir bagaimana jadinya kalau satu masalah dipercayakan pada orang yang sama sekali tidak memiliki pengetahuan. Ada yang bilang, kalau keadaan sudah seperti itu mengharuskan kita untuk menunggu waktu, lebih jelasnya adalah waktu kehancuran.

Sebenarnya,  semua orang bisa berpendapat, tapi pendapat itu harus bisa dipertanggungjawabkan, pendapat itu harus kuat dasar pikirannya, karena jika pendapat itu tidak bisa dipertanggungjawabka sekaligus tidak kuat dasar pikirannya, kesannya malah jadi lebih omong doang.

Apa jadinya kalau orang yang berprofesi sebagai artis, tiba-tiba berkomentar tentang virus komputer, atau tentang fenomena alam lainnya, bisa jadi dia berkompeten dalam hal entertaint, bisa jadi selain menjadi artis, dia suka membaca hal-hal yang berkaitan dengan dunia virus, dan wawasan tentang alam lainnya, tapi kalau pendapat tersebut diberikan hanya karena yang bersangkutan merasa sebagai tokoh publik, tapi pendapat yang diberikan tidak bisa dipertanggungjawabkan, saya pikir lebih baik kalau yang bersangkutan untuk tidak berkomentar terlalu jauh.

Anehnya lagi, saya kadang cenderung tidak suka dengan pendapat yang terlalu dipaksakan, dan juga tidak terlalu suka dengan kesimpulan yang diambil terlalu cepat -Saya sering terjebak dalam kondisi ini. Sama halnya dengan pendapat saya tentang orang yang tidak berkompeten namun memberikan komentar yang tidak perlu pada hal-hal yang sama sekali tidak penting, sama seperti saya yang terlalu dini mengambil kesimpulan kalau mereka tidak layak untuk berkomentar.

Ah kadang orang kita terlalu suka untuk mengomentari hal yang tidak penting, dan hal-hal kecil yang sama sekali tidak mempengaruhi hidup kita. Mungkin kalau mereka berhenti berkomentar, mereka akan dianggap tidak ada, keberadaan mereka barangkali diukur dari seberapa banyak kehadiran mereka dalam menanggapi banyak hal, kesannya adalah mereka berwawasan luas, wawasan yang luas itu, pada akhirnya hanya sebatas permukaan saja.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s