Ungkapan-ungkapan.

Ada banyak ungkapan yang saya suka dan saya catat di buku kecil, biasanya ungkapan-ungkapan itu saya kutip buku, film, artikel dan ceramah yang saya dengar, membaca kembali ungkapan-ungkapan seperti itu kadang bisa dijadikan sarana untuk merenung kembali sekaligus menyegarkan kembali semangat. Seperti beberapa ungkapan di bawah ini;

“Latihan bukanlah hal yang dilakukan setelah kita menjadi hebat. Latihan adalah hal yang membuat kita menjadi hebat.”

Biasanya, setiap ungkapan yang saya catat, selalu disertai dengan sumber, tapi ungkapan di atas tertulis di buku tanpa sumber. Bagaimanapun, ungkapan seperti di atas layak dihayati, karena tidak jarang, banyak yang ingin menjadi hebat tapi tidak mau berlatih, banyak yang ingin menjadi Penulis hebat, tapi tidak pernah menulis, banyak ingin menjadi Programmer hebat, tapi satu baris kode pun tidak pernah ditulis, padahal, mengutip perkataan y3dips, menulis ulang baris kode berulang kali sama sekali tidak diharamkan.

Menjadi hebat itu perlu proses, latihan dan kerja keras. Mereka yang hebat, biasanya tidak pernah merasa diri mereka hebat.

Di lain tempat saya mengutip perkataan Winston Churchill seperti ini;

“There is no such thing as public opinion. There is only published opinion.”

Benar adanya, opini publik tidak pernah menjadi opini publik kalau opini tersebut tidak pernah diterbitkan. Opini ditulis, opini diterbitkan, opini dibaca, maka opini tersebut menjadi opini publik. Pada saat opini cuma sebatas opini di pikiran, tanpa pernah diterbitkan, maka opini itu hanya tinggal pendapat yang selamanya tinggal di alam pikir, namun manakala opini menjelma menjadi tulisan, lalu kemudian diterbitkan, maka opini itu menjadi umum, menjadi opini publik.

Mari mewaspadai published opinion, mari menulis opini.

 

Advertisements

5 comments

  1. saya suka dengan beberapa kuotasi. kadang bukan hanya berbobot, tapi bertenaga, mendorong kita untuk terus melangkah maju.

    saya kepikiran untuk membikin bookend yang bertuliskan kuotasi-kuotasi yang kuat, dalam dan bermakna, sehingga banyak orang yang akan bisa mengkonsumsi, dan semoga, temotivasi oleh kuotasi tersebut

  2. Zukko

    yeah, menulis dan beropinilah dengan baik dan dengan cara yang baik. 😎

    Ini yang susah, Bro. Kadang kalau sudah terlalu panas dan emosi, menulis dan beropini jadi tidak ada aturan lagi, tapi sebaik mungkin akan dihindari 😀

    Alex©

    Benar itu. Sampai kapan segalanya dan semuanya dibenamkan dalam kepala? Apakah akan diterima publik atau tidak, tapi gagasan memang tak elok dipendam. :mrgreen:

    Iya, Bang. Tapi kadang gagasan itu terlalu sulit untuk jadi satu tulisan, alasannya klasik sebenarnya, cuma gara-gara yang punya gagasan malas untuk menuliskan atau pun mencurahkan gagasannya. Klasik? haha, padahal ini cuma alasan sebagai pembenaran semata, bang 😀

    Akiko

    Published opinion yang tendensius itu perlu lebih diwaspadai. Jangan-jangna itu jadi ajang konspirasi terselubung.

    Ada juga beberapa Published opinion yang tendensius, seperti opini titipan, kadang terlalu kelihatan maksud jahatnya, di samping analisa yg dangkal, tapi ya itu, Mbak, terlalu “kelihatan” maksudnya hehe, jadinya malah kurang hormat dengan penulis, ujung-ujungnya jadi ad-hominem.

    Kurology

    saya suka dengan beberapa kuotasi. kadang bukan hanya berbobot, tapi bertenaga, mendorong kita untuk terus melangkah maju.

    Idem, Bro :d

    saya kepikiran untuk membikin bookend yang bertuliskan kuotasi-kuotasi yang kuat, dalam dan bermakna, sehingga banyak orang yang akan bisa mengkonsumsi, dan semoga, temotivasi oleh kuotasi tersebut.

    Menarik, Bro. Saya punya buku khusus untuk menulis beberapa kuotasi yang kebetulan saya dapat ketika membaca, mendengar atau beberapa kata yang muncul dalam kepala setelah melihat atau mendengar sekitar. Ini biasa saya catat dalam buku pribadi, semacam catatan pribadilah hehe.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s